10 Masjid Megah di Dunia Ditulis oleh: Naufal, 23 Maret 2017

WAHANAHAJIUMRAH.COM,  -  Sahabat Wahana, bagi umat Islam, masjid adalah tempat suci untuk beribadah kepada Allah SWT. Saat ini, banyak Masjid yang memiliki arsitektur unik, menarik, indah, namun tidak menghilangkan kesan suci dan sakral.

Berikut adalah daftar nama Masjid dengan arsitektur menarik di dunia :

1. Masjid Al-Haram, Arab Saudi

Alquran menyebutkan, Masjid Al-Haram merupakan bangunan pertama yang dibangun untuk manusia menyembah Allah SWT. Bangunan paling terkenal di dunia, Masjid Al-Haram terletak di Makkah, Arab Saudi.

Masjid ini merupakan masjid terbesar di dunia dan merupakan tempat dimana umat Muslim di dunia menghadapnya ketika shalat, yaitu Kabah. Dengan luas sekitar 408.000 hektar, Masjid Al-Haram mampu menampung empat juta jamaah saat musim haji tiba.

2. Masjid Nabawi, Arab Saudi

Masjid Nabawi atau yang dikenal juga dengan Masjid Nabi, dibangun oleh Rasulullah SAW atas perintah Allah SWT. Tempat ini merupakan satu dari dua tempat suci umat Islam (yang pertama adalah Masjidil Haram di Mekkah, dan menjadi Masjid terbesar kedua setelah Masjidil Haram.

Masjid ini meliki ciri dengan kubah berwarna hijau. Dahulu Masjid ini menjadi tempat tinggal Rasulullah SAW. Masjid Nabawi mengalami beberapa kali renovasi. Kubah pertama kali diberi warna hijau pada tahun 1837.

3. Masjidil Aqsa, Palestina

Masjidil Aqsa juga dikenal dengan nama Bayt Al Muqaddas, merupakan tempat suci umat Islam ketiga dan menjadi lokasi kota kuno Yarusalem. Di Masjid ini Rasulullah melakukan Isra Miraj. Rasulullah lakukan perjalanan dari Mekkah ke Al Aqsa dalam semalam.

Sebelumnya Masjidil Aqsa menjadi kiblat bagi umat Islam ketika menunaikan shalat dan kemudian Allah SWT memerintahkan untuk menghadap Kabah.

4. Masjid Hassan II, Maroko

Masjid Hassan II terletak di Casablanca, Maroko. Masjid ini meruoakan Masjid terbesar di Maroko. Masjid Hassan memiliki menara setinggi 210 dan merupakan tertinggi didunia.

Masjid  Hassan II sangat unik karena lokasinya yang berada di pesisir pantai dan lansgung menghadap ke samudra Atlantik. Kapasitas maksimal Masjid ini sekitar 105.000 jamaah dengan 25.000 jamaah didalam Masjid dan 80.000 jamaah di pelataran Masjid.

5. Masjid Sultan Omar Ali Saifudin, Brunei

Masjid Sultan Omar Ali Saifudin merupakan Masjid Raya yang terletak di Bandar Seri Begawan, ibukota dari Kesultanan Brunei. Masjid ini merupakan salah satu Masjid terindah di Asia Pasifik dan menjadi tujuan wisata bagi para turis.

Masjid Sultan Omar Ali Saifudin selesai dibangun pada tahun 1958 dan menjadi panutan bagi Masjid-Masjid modern saat ini. Masjid ini dibangun ditepian sungai Kampong Ayer (kampung air).

Memiliki menara dari marmer dan kubah emas. Masjid ini menggabungkan Arsitektur Mughal dan arsitektur Italian.

6.  Masjid Zahir, Malaysia

Masjid Zahir terletak di pusat Bintang Alor, Kedah, Malaysia. Masjid ini merupakan salah satu Masjid terbesar dan tertua di Malaysia. Masjid ini dibangun pada tahun 1912, dibangun oleh Tunku Mahmud, anak dari Sultan Mukarram Shah.

Arsitekturnya terinspirasi dari Masjid Azizi di Langkat, Sumatra Utara, Indonesia. Masjid ini memiliki lima Kubah besar yang mencerminkan lima rukun Islam. Masjid Zahir terpilih sebagai 10 Masjid terindah di dunia.

7. Masjid Faisal, Pakistan 

Masjid ini merupakan Masjid terbesar di Pakistan dan Asia Selatan dan juga menjadi Masjid terbesar keenam di dunia. Masjid Faisal sempat menjadi Masjid terbesar di dunia dari tahun 1986 sampai  1993. Sebelum di lewati oleh Masjid Hassan II di Casblanca, Maroko.

Lalu disusul juga oleh Masjid Nabawi dan Masjidil Haram. Sejak itu pemerintah Aras Saudi menetapkan Masjid Faisal sebagai Masjid terbesar keempat didunia. Masjid Faisal adalah Masjid kebanggaan bagi warga Pakistan. Dengan luas 5000 meter persegi, Masjid Faisal mampu menampung 300.000 jamaah ( 100.000 jamaah dalam bangunan Masjid, dan 200.000 jamaah di pelataran Masjid.

8. Masjid Taj Ul, India 

Masjid Taj Ul bias juga berarti “Masjid Bermakhkota” berada di Bhopal India. Masjid ini juga dijadikan sekolah bagi kaum Muslim. Masjid Taj Ul merupakan salah satu  Masjid terbesar di Asia. Masjid berwarna pink dengan menara berbentuk octagonal setinggi 18 lantai dengan berbahan dasar marmer

9.Masjid Badshahi, Pakistan

Masjid Badashahi adalah Masjid Kaisar di Lahore dan Masjid kedua terbesar di Pakistan serta Masjid terbesar ketujun di dunia. Dengan arsitekturnya yang unik dan menarik layakanya Kerajaan dari era Mughal, Masjid ini menjadi cirri khas dari Pakistan dan menjadi tujuan wisata bagi para turis yang berkunjung ke Pakistan.

Masjid ini mampu menampung 10.000 jamaah di dalamnya, dan juga 100.000 jamaah dipelataran Masjid. Hal ini mengingat Masjid ini pernah menjadi Masjid terbesar di dunia  dari tahun 1676 sampai 1986 (sekitar 313 tahun). Sebelum akhirnya tersaingi oleh besarnya Masjid Faisal.

10. Masjid Sultan, Singapura

Masjid Sultan, berlokasi di jalan Muscat dan jalan jembatan utara di Kampung Glam Rochor di Singapura. Masjid ini merupakan salah satu Masjid terpenting di Singapura. Masjid Sultan tidak pernah berubah sejak pertama kali di bangun, hanya dengan tambahan altar pada tahun 1960 dan telah ditetapkan menjadi monument pada 14 maret 1975.

 

SUMBER: republika.co.id


ARTIKEL TERKAIT

Tanya Ustadz

FORM TANYA USTADZ