102 Ribu Calhaj akan Berangkat pada Gelombang Pertama Ditulis oleh: Naufal, 05 Juli 2017

WAHANAHAJIUMRAH.COM,  -  Gelombang pertama pemberangkatan haji Indonesia akan mengantarkan sebanyak 102.321 calon jamaah ke Arab Saudi. Keberangkatan pertama ini akan dilaksanakan pada 28 Juli 2017.

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama sekaligus Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Nur Syam mengatakan, keberangkatan gelombang pertama terbagi dalam 250 kloter. "Sebanyak 136 kloter menggunakan maskapai Garuda Indonesia, dan 114 kloter menggunakan maskapai Saudi Arabia Airlines," kata Nur Syam.

Gelombang pertama diisi oleh calon jamaah yang berasal dari Jakarta, Solo, Makassar, Medan, Padang, Balik Papan, Palembang, dan Banjarmasin. Mereka akan berada di asrama haji Bekasi selama 24 jam sebelum keberangkatan.

Nur Syam mengatakan, Menteri Agama beserta jajaran, serta sejumlah pejabat dari DPR akan hadir dalam pelepasan jamaah di embarkasi. "Jika pak Presiden (Joko Widodo) bisa ikut hadir melepas jamaah, tentu kami akan sangat bersyukur sekali," kata dia.

Hingga saat ini, prosesi pelepasan jamaah masih dalam rencana semula seperti tahun-tahun sebelumnya. Jadwal keberangkatan seluruh jamaah telah selesai diatur. Nur Syam menyampaikan, keberangkatan terakhir yakni pada 26 Agustus 2017.

Sementara, fase pemulangan jamaah akan berlangsung dari 6 September 2017 hingga 5 Oktober 2017. Menurutnya, segala macam persiapan di dalam dan luar negeri berjalan dengan lancar dan sesuai rencana hingga saat ini.

"Segalanya sudah dipersiapkan, mulai dari embarkasi di sini, persiapan SDM, pemondokan, sudah semua di luar negeri," kata dia. Nur Syam berharap tidak ada lagi kendala berarti selama proses pelaksanaan haji 2017.

 

SUMBER: ihram.co.id


ARTIKEL TERKAIT