7 Tips Mudik Dengan Kendaraan Pribadi
Naufal, 21 Juni 2017

WAHANAHAJIUMRAH.COM,  -  Ramadhan segera berakhir dan Lebaran Idhul Fitri pun mendekat, musim mudik pun akhirnya datang. Bagi para pekerja yang merantau lebaran dijadikan momen untuk berkumpul bersama keluarga di kampung halaman dan mudik sangatlah identik dengan lebaran.

Banyakan metode atau cara bagi para masyarakat untuk mudik ke kampung halaman, bisa dengan kendaraan pribadi, kereta api, bus, kapal, hingga pesawat. Kali ini, Wahana akan memberikan tips mudik yang aman bagi pemudik dengan kendaraan pribadi.

 

1. Periksa Kondisi Kendaraan

Memeriksa kendaraan anda sebelum berangkat mudik adalah hal yang paling utama dan penting. Lakukan pengecekan kendaraan di bengkel terdekat dan pastikan kondisi kendaraan anda dalam keadaan baik. Jangan sampai momen bersama keluarga terganggu karena hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Hindari Mengangkut Penumpang Melebihi Kapasitas

Demi kenyamanan dan keselamatan perjalanan, sebaiknya anda menghindari membawa atau mengangkut penumpang maupun barang bawaan anda melebihi kapasitas kendaraan yang anda bawa.

3. Bawa Makanan dan Minuman Yang Cukup

Membawa makanan dan minuman yang cukup juga hal yang sangat penting, karena pada saat perjalanan mudik bisa dipastikan bahwa kemacetan akan terjadi. Perjalanan mudik juga biasanya beberapa hari sebelum lebaran sehingga apabila terkena macet dan datang waktu berbuka tidak perlu pusing memikirkan makanan untuk berbuka.

4. Bawa Uang Tunai Yang Cukup

Hal berikut ini adalah yang terpenting, membawa uang tunai yang cukup. Sebab, diperjalan menuju kampung halaman tidak selalu bertemu ATM atau tempat yang menerima pembayaran non-tunai. Oleh karena itu, membawa uang tunai adalah yang perlu diperhatikan pada saat perjalanan mudik.

5. Gunakan GPS Atau Peta

Bagi anda yang tidak terlalu hafal dengan jalan dan ingin mencari jalan alternatif yang jauh dari kemacetan sebaiknya selalu gunakan GPS. Terdapat banyak aplikasi yang bisa mendukung perjalanan anda, seperti Google Maps, Waze, ataupun Apple Maps.

6. Patuhi Lalu Lintas

Mungkin anda ingin cepat sampai tujuan atau kampung halaman anda, tapi jangan lupa untuk tetap mematuhi peraturan lalu lintas. Jangan sampai karena terburu-buru ingin pulang malah menjadi petaka dan merugikan pengguna jalan lain.

7. Istirahat Apabila Lelah

 

Perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi tentu akan menguras tenaga anda, apalagi apabila terjebak macet dan perjalanan jauh. Oleh karena itu, jangan lupa untuk beristirahat apabila sudah mulai terasa lelah pada badan anda, jangan memaksakan perjalanan dengan kondisi yang tidak maksimal.

 

Itulah beberapa tips dari kami, tetap jaga kesehatan anda selama perjalanan mudik dan semoga selamat sampai kampung halaman.

 

Informasi Terkait

 
Contoh: Paket umrah bulan desember
Tutup