Thaharah Kunci Utama Pelaksanaan Ibadah Haji Ditulis oleh: Naufal, 21 November 2017

WAHANAHAJIUMRAH.COM,  -- Kantor Urusan Agama Kecamatan Panyabungan kembali memfasilitasi pelaksanaan bimbingan manasik haji bagi calon jamaah haji (calhaj) Kecamatan Panyabungan, Senin (20/11) bertempat di Masjid Agung Nur Ala Nur Aek Godang Panyabungan.

Dalam kesempatan itu, Ketua MUI Kabupaten Mandailing Natal H Mahmuddin Pasaribu, menyampaikan materi tentang thaharah. Kata dia, thaharah memiliki peranan yang penting dalam ibadah.

"Thaharah itu kunci utama dalam pelaksanaan segala ibadah, tidak sah shalat kita, puasa, dan termasuk haji, jika kita tidak dalam keadaan thaharah dalam melaksanakan ibadah tersebut. Karena itu hal ini menjadi prioritas utama kita sebelum memulai pelaksanaan suatu ibadah," kata dia.

Dijelaskannya, thaharah itu adalah bersih dan suci dari kotoran, dari najis baik najis haqiqi, yaitu khabats (kotoran) atau najis hukmi, yaitu hadats, baik hadats kecil maupun hadats besar.

"Thaharah haqiqi, suci pakaian, badan, dan tempat pelaksanaan ibadah dari najis, ataupun thaharah hukmi, yaitu suci anggota wudhu dari hadats, dan suci seluruh anggota zahir dari janabah (junub),  sebab ia menjadi syarat yang tetap dan utama bagi sahnya pelaksanaan ibadah termasuk pelaksanaan rangkaian ibadah haji," tambahnya.

Selain thaharah lahiriyah namun yang lebih penting juga bagi calhaj adalah thaharah bathiniyah suci dari segala kemusyrikan dan dari segala perbuatan dosa, demikian juga dengan penyakit hati, seperti hasad, dengki, dendam dan lain sebagainya, dalam menjalankan rangkaian ibadah haji.

"Thaharah lahiriyah dan bathiniyah merupkan dua hal yang harus diketahui dan dilaksanakan oleh calhaj yang akan melaksanakan ibadah haji, agar pelaksanaan ibadah haji sah dan memperoleh haji yang mabrur, karena kunci dari setiap pelaksanaan ibadah ditentukan oleh thaharah," tegas Mhamuddin Pasaribu.

Dia mengatakan, ada dua fungsi utama yang dimiliki thaharah, pertama yaitu membiasakan hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari hari, kedua merupakan sarana utama dan penting yang sangat urgen untuk berkomunikasi dengan Allah SWT.

 

SUMBER: ihram.co.id


ARTIKEL TERKAIT

Tanya Ustadz

FORM TANYA USTADZ