Meraih Jaminan Keselamatan dari Allah SWT Ditulis oleh: Naufal, 16 November 2016

Sahabat, dalam hidup ini manusia tentunya senantiasa selalu ingin mendapatkan keselamatan hidup. Mulai dari keselamatan atas jiwanya, keselamatan atas hartanya, keselamatan atas keluarganya, keselamatan atas karir dan jabatannya, dan lain sebagainya. Itulah tabiat manusia, dan Allah tak mencela manusia atas fitrahnya itu.

Karena manusia senantiasa ingin selamat, maka tak ada cara mendapatkan keselamatan itu kecuali dengan banyak melibatkan Allah SWT, dan keterlibatan Allah itu ada dalam ibadah yang kita persembahkan pada-Nya, seperti hadist Nabi yang menyebut, “ Barang siapa yang shalat subuh berjamaah maka ia akan mendapat jaminan keselamatan dari Allah pada siang harinya, dan barang siapa yang shalat isya berjamaah maka ia akan mendapatkan jaminan keselamatan dari Allah pada malam harinya”. (HR. Muslim)

Sejatinya sahabat, Tidak ada yang mampu menjamin keselamatan karir manusia, jabatannya, harta benda nya, keluarganya kecuali jaminan itu datang dari Allah SWT. Oleh karenanya pintu memperoleh jaminan dari Allah itulah yang harus dibuka selebar-lebarnya. Seseorang yang senantiasa memudahkan urusan orang lain, membantunya, memberi orang lain infak sedekah untuk kebutuhan mendesaknya, akan menjadi penyebab Allah akan memberinya jaminan-jaminan keselamatan.

Musa AS pernah bertanya kepada seorang anak muda, apakah ia ingin diberi harta diawal usia 30 tahunnya atau akan lebih memilih diberi harta di 30 tahun akhir usianya, sang anak muda menjawab lebih memilih diberi harta itu di awal usianya yang ke-30, dan nanti saat akhir usianya, harta itu akan diambil kembali oleh Allah.

Dan Musa-pun berdoa agar sang anak muda diberi harta di usianya yang 30, Allahpun mengabulkannya, sang anak muda pun menikmati kekayaannya, namun ia tak pernah lupa membantu orang yang membutuhkan, bersedekah, mendirikan rumah fakir dan miskin, dan saat menjelang usianya akan berakhir Musa masih tetap melihat harta itu tak diambil Allah, Musapun bertanya kepada Allah, mengapa ia merubah takdirnya itu.

Allah mengatakan, sifat anak muda yang senantiasa berbagi, dekat dengan fakir miskin dan senantiasa membantu orang yang membutuhkan, membuat Allah menjamin harta bendanya tetap terawat hingga akhir usianya.

Karenanya, jika manusia ingin Allah menjamin keselamatan harta bendanya, keselamatan jiwanya, keselamatan hidupnya, jabatannya, maka tak ada cara kecuali membuka pintu-pintu kebaikan, membuka pintu-pintu ibadah dan juga pintu-pintu pengorbanan untuk Allah SWT.

Semoga Allah memberi kita keselamatan…..Aamiin….

 


ARTIKEL TERKAIT

Wahana Haji Umrah
Wahana Haji Umrah