Inilah Antisipasi Ketika Berumrah di Musim Dingin
Muhammad Naufal Rafiuddin, 06 Desember 2017

WAHANAHAJIUMRAH.COM,  -- 

Dalam sepekan ini jamaah umrah yang akan tinggal di Arab Saudi diperkirakan akan menghadapi cuaca dingin yang ekstrim.

Adanya situasi itu jelas akan membuat repot bagi jamaah umrah ketika berada di tanah suci. Dan bagi orang yang tinggal di daerah tropis yang panas begitu tinggal di wilayah yang bersuhu sangat dingin tentu harus melakukan penyusaian. Situai musim dingin ini lazimnya berlangsung hingga bulan Maret. Saking ekstrimnya, kadang suhu di tanah suci di musim dingin ini bisa mencapai di bawah nol derajat celcius.

Paparan udara dingin ini akan langsung dirasakan begitu turun dari pesawat di Bandara Jeddah atau Madinag. Tak hanya situasi dingin, kelembaban udara yang rendah, dan terpaan angin yang kuat akan segera dirsaskan. Kondisi eksrem ini akan memuncak ketika tiba waktu menjelang dini hari hingga pagi hari.

Agar tidak menggangu ibadah selama melakukan umrah, maka harus dilakukan antisipasi. Hal yang teringan adalah terjadinya kulit bersisik, bibir pecah, gatal-gatal, hingga batul dan pilek sampai mimisan. Ini kemudian bisa menjadi situas yang gawat ketika mulai muncul gangguang hipertensi, serajan jantung, terutama bagi jamaah lanjut usia dan risiko tinggi.

Untuk menghadapi situaai ini, maka semenak dari tanah air jamaah umrah sudah menyiapan diri, misalnya melakukan olah raga hingga membuat badannya semakin bugar. Selain itu juga mereka harus menyiapan pakaian untuk mengaasi suhu udara dan terpaan angin yang dingin seperti menggunakan jaket yang bisa menghangatkan, pakaain longjjon (celana dan pakain khusus penahan dingin) dan juga sarung tangan.

Tak hanya itu, juga diharapkan menyediakan topi yang mempunyai tutup telinga agar indra pendengaran tidak terasa sakit karena ditusuk terpaan udara yang dingin.

Selain itu juga memilih konsumsi makanan yang bergizi dan seimbang.  Makanlah dan minumlah hidangan yang panas. Untuk buah-buahan, perbanyaklah mengosumsinya terutama yang mengandung vitamin C.

 

SUMBER: republika.co.id

Informasi Terkait

 
Contoh: Paket umrah bulan desember
Tutup