Bulan Al-Quran
Muhammad Naufal Rafiuddin, 22 Mei 2018

Oleh Rahmaji Asmuri

 

WAHANAHAJIUMRAHCOM,  --  Ramadhan merupakan bulan yang satu-satunya disebut oleh Al Qur-an. Pada bulan Ramadhan juga Allah menurun Al Qur-an, sebagaimana firman-Nya “Bulan Ramadhan adalah bulan yang didalamnya diturunkan Al Qur-an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang bathil).” (QS Al Baqarah [2]:185).

 

Bulan Ramadhan dan Al Qur-an adalah rangkaian ibadah yang tidak bisa dipisahkan sebagaimana halnya ramadhan dan puasa. Al Qur-an diturunkan oleh Allah SWT pada bulan Ramadhan dan Surah pertama yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad adalah Surah Al 'alaq. Ayat pertamanya  memerintahkan kita untuk membaca dengan menyebut nama Allah yang menciptakan manusia, bahkan pada ayat yang ketiga Allah memberikan penegasan lagi agar kita tetap membaca dengan segala kemuliaan yang melekat pada-Nya

 

Al Qur-an tidak hanya merupakan sebuah kitab, seperti halnya literatur atau transkrip kuno, namun merupakan pegangan hidup yang harus diimani dan tetap relefan sampai akhir zaman, oleh karenanya Allah menjanjikan pahala pada bagi yang membacanya. Diantara keutamaan membaca Al Qur-an; Pertama, orang yang membaca satu ayat Al Qur-an pada bulan Ramadhan, akan mendapatkan ganjaran seperti orang yang mengkhatamkan Al Qur-an pada bulan lain (HR Ibnu Huzaimah).

 

Kedua; “Orang yang membaca Al Qur-an dan dia mahir (tartil dan lancar) dalam membacanya, maka dia (kelak diakhirat) bersama para malaikat yang mulia lagi taat. Sedangkan yang membaca Al Qur-an dengan terbata-bata dan bacaan itu terasa sulit baginya maka dia mendapat dua pahala.” (HR Bukhari Muslim)

 

Ketiga; “Barangsiapa membaca satu huruf dari Al Qur-an maka baginya satu kebaikan, sedangkan satu kebaikan itu digandakan menjadi sepuluh lipat, aku tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf, tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf dan Mim satu huruf.” (HR Tirmidzi)

 

Keempat; “bacalah Al Qur-an itu karena ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa'at bagi para pembacanya.” (HR Muslim)

 

Dilain pihak Allah SWT juga menegaskan dalam firman-Nya, “Orang-orang yang telah kami beri kitab, mereka membacanya sebagaimana mestinya, mereka itulah yang beriman kepadanya. Dan barangsiapa ingkar kepadanya mereka itulah orang-orang yang rugi.” (QS Al Baqarah [2]:121)

Terkait dengan keterangan tersebut di atas, Imam Bukhari meriwayatkan dari Ustman bin Affan, Rasulullah SAW bersabda “sebaik-baik kamu adalah orang yang mempelajari Al Qur-an  dan mengajarkannya.”

 

Walapun membaca Al Qur-an merupakan bagian dari ibadah, namun jika kita mampu menggali isi kandungannya dan mengamalkannya, tentu hal tersebut lebih baik. Mumpung kita masih diberi kesempatan oleh Allah untuk dapat berjumpa dengan bulan Ramadhan, janganlah lewatkan sekempatan yang berharga ini dengan sia-sia karena kita semua telah mengetahui bahwa amalan kebaikan apapun yang dilakukan di bulan Ramadhan, maka Allah akan melipat-gandakan pahalanya. Wallahu a’lam bish-shawab.

Informasi Terkait

 
Contoh: Paket umrah bulan desember
Tutup