Hati-hati dengan Cinta
Naufal, 24 Juni 2020

Suatu hari seorang istri datang mengadukan tentang suaminya, pak ustaz, saya sdh tidak mencintai suami saya lagi, saya ingin bercerai.

Kenapa ibu tidak mencintainya ? Kata beliau, karena dia punya kesalahan, Ia meninggalkan saya karena tugas negara, saya sdh melarangnya agar jangan pergi, namun ia lebih mengutamakan negara dari pada saya, itu yg membuat saya kecewa dan tidak lagi mencintainya.

Berkecamuk banyak pertanyaan atas curhatan wanita ini, apakah semua rumah tangga itu harus selalu dibangun atas dasar cinta, lalu dimana tanggung jawab, dimana agama, dimana saling menghormati hak kewajiban masing masing pasangan?

Jika rumah tangga hanya dibangun atas dasar cinta semata dan tak mau melihat sisi lain pernikahan, maka betapa bayak perceraian yang akan terjadi, sebab keluarga yang sudah dibangun bertahun tahun, saat yang utama itu adalah anak anak dan saling menghormati dan saling menguatkan tanggung jawab, maka apakah keluarga seperti ini juga harus berakhir perceraian, sebab cinta sudah bukan lagi yang utama.

Keluarga itu tidak melulu tentang cinta sebagaimana film film dan sinetron Korea yang terkadang lupa tentang tanggung jawab, lupa akan keharusan pasangan yang harus saling menjaga hak dan kewajiban.

Suatu ketika Umar didatangi seorang laki laki dan mengatakan, wahai amirul mukminin aku sdh tidak lagi cinta dengan isteriku dan aku ingin menceraikannya, kata Umar, engkau orang yang paling celaka, tidak semua rumah tangga itu dibangun atas dasar cinta, rumah tangga itu juga harus dibangun atas dasar agama, tanggung jawab dan saling menghormati hak dan kewajiban satu dengan yang lainnya.

Agama, bertanggung jawab dan menjaga akan hak dan kewajiban masing masing adalah salah satu sebab keluarga itu utuh, tidak melulu hanya cinta yang menjadikan keluarga itu utuh, karena boleh jadi kita mencintai sesuatu namun banyak hal tak baik didalamnya, juga sebaliknya, boleh jadi membenci sesuatu, namun ada banyak kebaikan didalamnya, sungguh Alloh maha mengetahui dan pengetahuan kita begitu sangat terbatas.

Informasi Terkait

 
Contoh: Paket umrah bulan desember
Tutup