Meraih Haji Mabrur di Tanah Air (Bagian 4) Ditulis oleh: Tasya, 26 Agustus 2019

WAHANAHAJIUMRAH.COM / Ustadz Syaff - Allah SWT tidak pernah menyia-nyiakan kebaikan seseorang, Ia akan selalu membalas kebaikan yang dilakukan hambanya. Oleh karenanya, jangan pernah memandang remeh setiap kebaikan, teruslah berbuat baik sebab kita tidak tahu kebaikan mana yang akan membuatNya ridho dan menjadi sebab Allah SWT memasukkan seseorang ke dalam surga.

Membantu yang Hendak Berangkat Haji

عن زيد بن خالد الجهني قال قال رسول الله عليه الصلاة والسلام من جَهَّزَ غازيًا أو جهز حاجا أو خلفَهُ في أَهْلِهِ ، أو أفطر صائمًا كان لَهُ مثلُ أجورهم ، من غيرِ أن ينقصَ من أجورهم شيء

‎نقله المنذري في الترغيب والترهيب وحكم عنه بأنه : [إسناده صحيح أو حسن أو ما قاربهما]

Dari Zaid bin Khalid Al-Juhany Rasulullah alahissalam bersabda : barang siapa yang menyiapkan pejuang, atau menyiapkan haji seseorang atau membantu keluarganya yang ditinggal, atau memberi makanan berbuka untuk yang berpuasa maka ia akan memperoleh sama seperti pahala pelaku tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun.

Hadist ini disebut oleh Al-Mundziry dalam karya beliau Targhib dan Tarhib, dan beliau mengatakan Hadist ini shahih.

Orang-orang yang terus berbuat baik akan selalu dilindungi Allah SWT, mereka dibantu dalam setiap kesulitan, dikeluarkan dari setiap masalah, dijaga agar terhindar dari keburukan yang akan menimpa. Tidak hanya itu, kebaikan yang dilakukan seseorang untuk meringankan beban saudaranya yang akan berangkat menunaikan ibadah haji akan menjadi cara Allah memberi orang baik pahala ibadah haji umrah walau faktanya tidak berangkat ke tanah suci.

Dan sungguh banyak cerita nyata kebaikan orang baik yang membantu calon jamaah haji untuk berangkat ke tanah suci justru menjadi cara Allah SWT mengundang mereka ke tanah suci melaksanakan ibadah haji atau umrah. Itulah mukjizat dari membantu dan menebar kebaikan kepada orang lain, apalagi kemudian yang dibantu adalah orang shalih, maka akan menjadi cara cepat kebaikan akan dibalas yang kuasa dengan lipatan kebaikan, lipatan keberkahan dan lipatan-lipatan baik lainnya.

 


ARTIKEL TERKAIT

Wahana Haji Umrah
Wahana Haji Umrah