Tanya Ustad

FORM TANYA USTAD

syarifah tiara

apakah mayat itu akan di siksa akibat tangisan keluarganya


338 Sudah Dijawab Oleh Ustad

Ustadz Syaff

Syarifah yang baik

Tangisan keluraga terhadap almarhum merupakan sesuatu yang lumrah dan sangat wajar, sebab ditinggal selamanya oleh orang orang tersayang pasti membuat hati terluka dan sedih. karennaya menangis dan sedih merupakan hal lumrah, kesedihan juga terlihat saat nabi dtinggal putra beliau Ibrahim, beliau mengatakan, sungguh air mata pasti mengalir, dan hati-hati pasti akan bersedih dengan kepergianmu wahai Ibrahim, namun tidak ada yang harus diucapkan kecuali hanya pasrah dan ridho dengan ketentuan Alloh SWT.

 

Namun tangisan yang membuat almarhum disiksa adalah tangisan yang berlebiahan dengan mengeluarkan suara histeris, memukul mukul badan dan wajah apalagi sampai merobek-robek pakaian, jenis tangisan inilah yang membuat almarhum disiksa sesuai dengan hadist nabi dalam hadist shahih, bahwasanya almarhum akan disiksa dengan tangisan keluarganya. 

 

Walau isteri nabi Aisyah RA menolak tentang almarhum yang diazab dengan tangisan keluarganya dan menukil ayat Al-Quran surat Al-An`am ayat 164 yang menyebut, tidak ada dosa yang ditanggung oleh orang lain. namun para ulama menyebut ayat ini umum dan dan dikhususkan oleh kasus ini.

 

Demikian semoga berkenan.

Wahana Haji Umrah
Wahana Haji Umrah