Catatan Ustad

Ikhlas Itu Dahsyat
Naufal, 20 Oktober 2016

Sahabat, Ikhlas karena Allah itu senantiasa mendatangkan keberkahan yang sangat super, dengan ikhlas pertolongan Allah datang membanjiri keberkahan hidup seseorang, dengan keikhlasan pula dunia dan akhirat didapat sekalian, Itulah pelajaran hidup yang didapat dari tokoh-tokoh nasional yang sangat ikhlas beramal dan kini bukti ketulusan itu terlihat begitu sangat nampak terpapar.

Alkisah dari Prof. DR. H. Abdul Malik Karim Amrullah, yang dikenal juga sebagai Buya Hamka,  saat memulai membesarkan masjid Al-Azhar, tak ada gaji, tak ada fasilitas dan bahkan dalam kondisi yang sulit beliau harus meninggalkan jabatannya sebagai menteri agama, namun pengorbanan dan ketulusannya tak diragukan lagi, semua hidupnya diberikan pada rumah Allah, Masjid Al-Azhar, ia serius mengurus Allah dan akhirnya Allah pun mengurus Buya dengan balasan yang sangat luar biasa.

Kini Al-Azhar tumbuh pesat, berdiri cabang dimana-mana, Universitas Al-Azhar berdiri tegak menyebarkan islam yang rahmatan lill Alamin, sekolah sekolah dasar, menengah, atas juga berdiri bahkan menjadi sekolah kalangan menengah keatas.

Itulah balasan keihlasan yang sangat luar biasa, Allah tak akan pernah lupa dengan kebaikan dan keikhlasan hambanya, ada saatnya ia berbuah, walau terkadang tak dirasakan oleh pendirinya didunia ini, namun manfaatnya untuk pengelola yayasan alazhar kini begitu sangat dirasakan, ribuan karyawan mencari nafkah dari sekolah sekolah, kampus dan bisnis alazhar lainnya.

Demikian halnya dengan KH Ahmad Dahlan, yang begitu tulus membangun Muhammadiyah, bahkan ia pernah menjual semua isi rumahnya demi menggaji guru –guru Muhammadiyah, keikhlasan itu kini Allah balas dengan telah berdirinya lebih dari 10.000 sekolah muhammadiyah, ratusan universitas, rumah sakit dan bisnis lainnya.

Hadratus Syaikh Hasyim asy`ari juga tak diragukan lagi keikhlasannya, memberi pengajian dari suaru ke surau, menyusuri kampung diujung pedalaman, tak ada subsidi, tak ada honor apalagi gaji sertifikasi, namun karena ikhlas itulah, kini NU telah memiliki ratusan ribu sekolah, kampus dimana-mana, rumah sakit dan juga kadernya yang telah menjadi tokoh nasional yang disegani.

Jadi sejauh mana keihklasan kita, maka sedalam itu pula Allah akan membalasnya, ikhlas itu dahsyat, ikhlas itu tak terukur, karenanya balasannya juga tak terukur dan tak ternilai.

Sahabat, semoga Allah SWT senantiasa menjadikan kita pribadi yang ikhlas, sabar, dan selalu tawakkal kepada-Nya…

Wallahu’alam Bish-shawab…

 

SF/TimRed Wahana

 

Informasi Terkait

 
Contoh: Paket umrah bulan desember
Tutup