Tanya Ustadz

Pertanyaan :

Wahyu | 2017-12-12 08:11
Assalamualaikum ustad, seberapa urgent kah atau sebatas mana kita harus membantu saudara muslim kita yang ada di Palestin? sementara di negeri kita sendiri pun masih banyak musibah yang terjadi. terima kasih

 

Ustadz Syaff

Saudara Wahyu yang baik hati


Masalah Palestina adalah masalah umat islam yang sangat sulit untuk diselesaiakan, karena keterlibatan negara negara besar didalamnya, Inggris dengan memberi restu berdirinya negara Israel, Amerika yang selalu ngotot membela dan Rusia yang merupakan asal imigran Israel terbesar.


Sementara disatu sisi umat islam begitu mudah ribut dan berkonflik, masalah kecil dibesar-besarkan, masalah cabang seolah menjadi masalah prinsip. 


 


Karenanya, cara pertama membantu masalah Palestina adalah dengan menjaga persatuan kita, kita jangan mudah diprovokasi dan di-adu domba, masalah qunut tidak qunut jadi ribut, masalah beda organisasi ribut, masalah sholawat tidak sholawat ribut, mari buang masalah-masalah kecil ini dan mari bersatu dibawah kalimat syahadatain, La ilaha Illalloh Muhammadur Rasululloh.


 


Cara kedua membantu Palestina adalah dengan melakukan ketaatan kepada Alloh, dekat dengan Masjid, tidak meninggalkan Shalat lima waktu dan terus berada dalam jalan kebaikan dan ketaqwaan.


 


Setelah cara spritual ini dilakukan, maka mari menempuh cara-cara dunia dengan menuntut pemerintah mengeluarkan kebijakan yang mendukung masalah-masalah Palestina sebab selama ini Indonesia sangat anti penjajahan dan penindasan.


 


Jika ada yang keluar berdemonstrasi untuk membela nasib bangsa Palestina maka mari dukung dengan sikap, dana dan juga doa, tentu dengan tidak mengabaikan membantu saudara atau tetangga dekat rumah kita yang memerlukan bantuan dan uluran tangan kita.


Intinya semua yang membutuhkan bantuan kita, mari kita bantu, baik yang didalam ataupun diluar negeri, selama kita bisa membantunya sekaligus cara kita menegakkan amar maruf nahi mungkar.


 


Jika bisa dengan kekuasaan mari bantu dengan kuasa kita, jika hanya mampu dengan lisan maka mari suarakan dengan lisan kita, dan jika hanya mampu dengan doa maka mari bantu dengan doa dan harapan terbaik semoga diberikan kepada saudara saudara kita yang sedang tidak seberuntung kita.


 


Demikian jawaban kami semoga bermanafaat.

Komentar

VHF15

 
Contoh: Paket umrah bulan desember
Tutup