Tanya Ustadz

Pertanyaan :

syifa fauziyah | 2018-02-14 05:08
Assalamu'alaikum Ustadz Syaff ada hal yang ingin saya tanyakan terkait sholat. Apa hukumnya membunyikan anggota badan pada saat sholat? Contohnya, membunyikan kedua tangan pada saat bangun dari sujud, atau bersendawa pada saat sholat?
Semoga Allah selalu berikan keberkahan untuk Wahana.

 

Ustadz Syaff

Ananda Syifa yang baik hati


Salah satu ciri orang yang masuk syurga Firdaus adalah mereka yang senantiasa shalat dalam keadaan Khusyu`, ،Khusyu menurut Imam Ibnul Qoyyim adalah ketenangan hati yang terlihat dari ketenangan anggota badan, Imam Al-Ghazali menjadikan khusyu sebagai syarat sah shalat.


 


Untuk kasus yang ananda Syifa tanyakan, jika gerakan yang dilakukan dalam sholat tidak terkait dengan gerakan gerakan sholat, maka itu termasuk yang bisa membatalkan sholat jika dilakukan dengan sengaja, namun jika gerakan itu dilakukan karena untuk kepentingan sholat seperti ada barang yang menempel ditelapak tangan lalu ia menepuknya, maka itu tak membatalkan sholat sebab itu termasuk cara agar khusyu dalam shalat datang. namun jika disengaja maka itu membatalkan shalat.


Demikian juga dengan suara yang muncul dari tubuh saat sholat, jika suara tersebut tak bisa ditahan maka itu tak membatalkan shalat asal tidak disengaja seperti bersin atau sejenisnya, namun jika disengaja maka itu akan membatalkan sholatnya karena termasuk dalam kategori mengolok atau merendahkan nilai dan syiar sholat.


 


Demikian jawaban kami semoga berkenan.

Komentar

OSY2R

 
Contoh: Paket umrah bulan desember
Tutup