Tanya Ustadz

Pertanyaan :

Rifqi | 2018-04-03 08:03
Assalamualaikum, pa ustad saya mau bertanya bagaimana kah sikap seharusnya jika sedang sholat berjamaah saya sudah merapatkan saf ke kanan saya (posisi di kiri imam) tetapi orang di sebelah kiri saya tidak merapatkan saf dan ada celah cukup lebar, saya sudah melebarkan kaki sekucupnya agar tidak terlalu terdapat longgar. apakah yang harus dilakukan dalam kondisi tersebut?

 

Ustadz Syaff

Saudara Rifqi yang baik hati 


Menyeru orang pada kebaikan adalah salah satu ciri umat nabi Muhammad SAW yg berkarakter Khairu ummah, karenanya bersyukurlah pada Alloh yang telah memberi Anda sifat mulya ini.


Namun dalam prakteknya, seruan kita pada orang lain untuk berbuat baik atau menebar kebaikan belum tentu diterima dengan baik dan lapang dada, karenanya bukanlah sesuatu yang penting orang melakukan kebaikan atau tidak, sebab yang memberi hidayah untuk berbuat baik itu adalah hak priogratif Alloh, kita hanya menjadi wasilah saja, karenanya apapun balasan orang tentang seruan kita, serahkan semuanya pada Alloh, biarlah hidayah itu hanya milik Alloh SWT.


Dalam kasus ini, jika telah diberitahu dan diajak untuk merapatkan barisan lalu yang bersangkutan tidak menghiraukan, maka lanjutkanlah shalat dengan semampu mungkin dengan merapatkan barisan sendiri, karena imamlah sebenarnya yang paling berhak menegur dan mengingatkan shaff shalat jamaah sebab imam memiliki kekuatan yang lebih tinggi dari sesama makmum.


Demikian jawaban kami semoga berkenan.

Komentar

T58W3

 
Contoh: Paket umrah bulan desember
Tutup