Tanya Ustadz

Pertanyaan :

Agus | 2018-07-09 04:43
Assalamualaikum Pak Ustad, saya bekerja pada sebuah restoran dan bagian memasak hidangan. akan tetapi pada saat bulan puasa restoran tersebut tetap buka dan menyajikan makanan, bagaimanakah dengan pekerjaan saya yang dalam artian memasak bagi orang yg tidak berpuasa? karena ada kemungkinan yg menikmati makanan saya adalah seorang muslim yang seharusnya berpuasa, bagaimana kah saya harus menyikapi hal tersebut?

 

Ustadz Syaff

Saudara Agus yg baik .....

Ramadhan adalah bulan kebaikan karenanya sebaiknya diisi dg kebaikan demi kebaikan, termasuk dg cara menghormati orang yg sedang berpuasa, dan sebaiknya memang restoran harus bisa menjaga toleransi terhadap yg berpuasa dg tidak membuka restoran saat orang berpuasa, sebagaimana hari Nyepi di Bali semua tempat publik ditutup termasuk bandara.

Namun jika bapak sdh terikat kontrak dg restoran untuk bekerja dan apalagi bapak membutuhkan nafkah keluarga maka sdh menjadi kewajiban bapak untuk melaksanakan kontrak kerja tersebut, dan jika dalam praktiknya ada yg menikmati makanan anda itu adalah seorang muslim yg tidak berpuasa maka berdoalah kepada Alloh semoga mereka sedang musafir atau muslimah yg sedang datang bulan.
Demikian semoga berkenan

Komentar

5DT0W

 
Contoh: Paket umrah bulan desember
Tutup