Tanya Ustadz

Pertanyaan :

Novi yanti | 2018-07-24 02:19
Assalamualaikum warrahmatullah ustadz, saya mau tanya, ibu saya mengambil uang simpanan dan emas saya tanpa bilang dulu ke saya. Pada akhirnya saya tau ketika semua uang dan emas sudah habis. Ketika saya ungkit permasalahannya, ibu saya malah marah2 ngomong kesana kemari seakan2 semua yang terjadi itu salah saya. Padahal setiap ibu saya minta uang pun saya pasti kasih. Bagaimana menurut pandangan ustadz tentang masalah saya? Apakah saya salah krn mengungkit? Krn saya pun jd sakit hati diperlakukan seperti ini, dan bagaimana saya menyikapinya? Hubungan saya skrg jd renggang, saya juga ga mau dosa sama org tua. Terima kasih ustadz. Wassalamualaikum Warrahmatulloh.

 

Ustadz Syaff

Novi yg baik hati


Pengorbanan ananda pada ibu sangat luar biasa, memberi banyak hal pada ibu dan yakinlah bahwa kebaikan ini tak akan pernah menjadi sia-sia, ia akan menjadi amal shalih ananda Novi yg pasti akan dibalas Alloh dg anugerah yg melimpah.


Ananda Novi yg bijak.
Jika telah memberi pemberian, apapun bentuknya pada orang tua sebaiknya jangan di ungkit ungkit lagi, sebab itu akan memunculkan ego dan emosi ibu.


Karena secara syariat, bakti pada orang tua itu tidak akan pernah ada batasan dan kadarnya, bahkan dalam beberapa riwayat disebut bahwa anak dan semua harta bendanya adalah milik orang tuanya.


Karenanya, jika telah terjadi kerenggangan karena kesalah fahaman ini, sebaiknya segeralah meminta maaf dan meminta ridho ibu, sebab anak itu selalu dalam kondisi harus taat kecuali dalam masalah kemaksiatan pada Alloh baru gugur kewajiban taat.


Semoga ananda Novi terus di beri kesabaran dan lapang dada dalam usaha bakti pada ibu yg memang mereka adalah sumber sumber keberkahan dunia dan juga akhirat.


Demikian semoga bermanfaat.

Komentar

KY965

 
Contoh: Paket umrah bulan desember
Tutup