Tanya Ustadz

Pertanyaan :

ria | 2016-11-16 06:34
ustad saya mau tanya, apa hukumnya jika kita menerima uang dari orang nonmuslim dan itu saudara kita sendiri ?

 

Ustadz Syaff

Saudariku Ria yang semoga dimuliakan Allah


Muslim dan tidaknya seseorang bukan alasan bagi seorang muslim untuk bermuamalah yang baik dengan non muslim, bahkan Nabi sendiri melarang seorang muslim berbuat dzalim terhadap non muslim, sabda Nabi “Barang siapa yang menganggu seorang non muslim (Dzimmy), maka aku akan menjadi musuhnya dihari kiamat kelak," dan dalam hadist lain disebut "Barang siapa yang membunuh orang non muslim  (Dzimmy), maka ia tak akan mencium wangi syurga," (HR. Bukhari.)


Hanya saja, jika seorang non muslim sudah mulai menistakan muslim, memerangi muslim, bahkan membunuh muslim, maka disinilah muslim tidak boleh berdiam diri dan harus melakukan perlawanan terhadap kedzaliman yang dilakukan non muslim tersebut.


Karenanya jika menerima uang, makanan yang halal, dan pemberian lainnya dari mereka yang beragama non muslim maka pemberian itu tidak haram, bahkan bisa menjadi wajib diterima jika dengan pemberian itu akan terjalin dan memperkuat silaturrahim dengan mereka. Tentunya dengan pengecualian bahwa apa yang diberikan olehnya itu bukan barang yang diharamkan Allah seperti babi dan lain sebagainya.


Dan itulah keindahan agama kita, tak mempermaslahkan agama dalam bermuamalah dan dalam urusan akidah, lakum dinukum wa liyadin, bagiku agamaku dan bagimu agamamu.


Demikian jawaban kami semoga berkenan..

Komentar

QAYNY

 
Contoh: Paket umrah bulan desember
Tutup