Longsor Tanah Tebing Tutup Setengah Badan Jalan Nagreg ke Garut Ditulis oleh: Naufal, 31 Oktober 2016

Longsoran tanah tebing menimbun sebagian jalur kanan Jalan Raya Nagreg menuju Garut, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (31/10). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa longsor yang terjadi sekitar pukul 04.00 WIB itu. Meski arus kendaraan sempat tersendat, tapi tidak mengganggu secara umum di jalur itu.

"Memang sempat macet saat kami membersihkan material longsor, tapi tidak lama dan sekarang sudah lancar," kata Kepala Unit Lalu Lintas Polsek Nagreg AKP Chevy, Senin (31/10).

Chevy menuturkan, longsoran setinggi 7 meter di Tanjakan Bohong, Kampung Karikil, Desa Ciherang, Kecamatan Nagreg itu terjadi setelah hujan mengguyur wilayah itu. Longsor yang terjadi sekitar pukul 04.00 WIB itu, kata dia, hanya menimbun sebagian badan jalan di jalur kanan, dan tidak menimbulkan korban jiwa. "Beruntung tidak ada korban jiwa, hanya menutupi separuh badan jalan saja," kata Chevy.

Dikatakan Chevy, tidak lama setelah terjadi longsor, jajarannya bersama masyarakat bergotong royong membersihkan material tanah. Petugas membersihkan tumpukan tanah itu dengan cara manual menggunakan peralatan seadanya. "Jalur dapat kembali normal setelah material longsor dibersihkan dari jalan," katanya.

Dia mengatakan, sepanjang Jalan Raya Nagreg merupakan kawasan rawan longsoran tanah tebing. Menurut dia, tanah di jalur itu kondisinya labil sehingga mudah longsor saat hujan mengguyur wilayah Nagreg. "Sepanjang jalan tersebut rawan sekali longsoran tebing, sehingga pengendara diimbau untuk waspada," katanya

Sumber : Republika


ARTIKEL TERKAIT