Ayah
Naufal, 24 Juli 2020

Diantara anggota kelurga, mungkin hanya Ayah sajalah yang Alloh bersumpah dengannya, yaitu dalam surat AlBalad, sebagai sebuah tanda akan betapa urgennya ayah bagi anak, ayah itu matahari yang selalu mengajarkan ketegasan dan keharusan menjadi kuat menghadapi kehidupan yang keras dan tak pernah bisa diprediksi .

Ayah itu cinta dan sayangnya pada anak luar biasa dalam, namun terkadang cara mengekspresikannya berbeda dengan ibu.

Kecintaan tak terkira nabi Yaqub pada anaknya nabi Yusuf yang menghilang, hingga membuat kedua matanya tak berfungsi lagi, itulah tanda cinta seorang ayah yang jarang diketahui orang.

Saat mimpi Yusuf disampaikan ke ayahnya Yaqub, Yaqub memahami betapa berat perjalanan hidup putranya itu kedepan, namun kata-kata yang keluar dari ayahnya adalah kata-kata optimis, “Alloh akan mengajarkan engkau ilmu mimpi, Alloh akan memilihmu dan akan menyempurnakan nikmatnya padamu” QS Yusuf ayat 06. Itulah Ayah, selalu memberi anak semangat dan optimis .

Luqman, nasihat-nasihat tulusnya untuk sang anak diabadikan dalam Al-Quran, sebagai bukti betapa ayah itu begitu sangat peduli dengan anaknya.

Ibrahim rela bolak-balik Mesir-Mekah berjarak ribuan kilo hanya demi tetap bisa bertemu putranya Ismail di Mekkah dan Ishaq di Palestina, sebagai bukti betapa pengorbanan ayah itu begitu berat .

Nuh tak pernah berputus asa mendidik anaknya, walau didepan matanya ia tetap tak mau naik perahu ayahnya, sang ayah masih tetap berharap anak itu selamat, itulah hati terdalam ayah pada anaknya, ia begitu menyayanginya.

Ayah engkau pahlawan, engkau hebat,
Ayah, betapa dalam cintamu, walau orang jarang mengetahui, namun Alloh pasti mengetahui, dan cukup Alloh sajalah yang mengetahui, agar ketulusan ayah tidak pernah sirna dalam membesarkanmu dengan jutaan cinta.

Informasi Terkait

 
Contoh: Paket umrah bulan desember
Tutup