Tanya Ustad

FORM TANYA USTAD

fitri

Assalamu'alaikum ust, saya memiliki tetangga yang memiliki anak 3 laki2 yang semuanya belum di aqikahkan, sedangkan aqikah adalah keharusan orang tua untuk kelahiran anaknya, hingga saat ini ke 3 anaknya belum diaqikahkan, padahal ia telah membeli mobil baru. apakah orng tua tsb termasuk orang yg dapat dikatakan dzolim ust.??? mohon penjelasannya. terimakasih


359 Sudah Dijawab Oleh Ustad

Ustadz Syaff

Saudari Fitri yang baik

Aqiqah adalah salah satu sunnah nabi yang harus terus dilestarikan, ada banyak dalil yang menyebut tentang keutamaan Aqiqah, itulah mengapa ada juga ulama yang mewajibkan aqiqah karena keutamaannya yang sangat penting dan kerugian besar yang akan diderita saat tidak mengamalkan sunnah nabi ini.

 

Namun syaiat islam adalah syariat yang sangat memahami kondisi umat, jika dalam prakteknya seseorang tidak memiliki kemampuan karena keterbatasan harta benda maka gugurlah kewajiban orang tua mengaqiqahkan putra putrinya, hanya saja para ulama menyebut, jika dikemudian hari nanti orang tua memiliki kelapangan rizki dan harta benda maka sebaiknya ia mengaqiqahkan putra putrinya walau telah tumbuh besar, dan jika orang tua tetap tidak memiliki kemampuan juga maka Ibnu Siriin menyebut aqiqah terhadap diri sendiri juga diperbolehkan karena keutamaan sunnah nabi ini.

 

Karenanya, alangkah baiknya ananda Fitri jika menyampaikan secara langsung kepada orang tua dengan cara yang baik dan bijak serta hormat pada orang tua yang telah memiliki kemampuan ini, namun jika orang tuan tetap tidak berkenan maka sebaiknya jika ananda memiliki kemampuan maka silahkan melakukan nya dengan biaya sendiri juga tidak ada larangan dalam syariat.

 

Demikian semoga berkenan. 

Wahana Haji Umrah
Wahana Haji Umrah